23 October 2009

Manajemen Marah


MARAH adalah suatu bentuk emosi yang sangat wajar dalam diri manusia. Semua manusia pernah merasakan marah denganfrekuensi berbeda - beda. Marah butuh penyaluran. Hal ini memang sangat kita perlukan agar jiwa kita tidak tertekan. Tapi biar begitu kita tidak boleh seenaknya menyalurkan kemarahan itu. Singkat kata, biarpun kita kesal sekali, kemarahan kita harus di kendalikan agar kita tidak kebablasan dan mendapat dosa. Begini caranya :
1. Hindari penyebab marah
Kalau kita termasuk orang yang high temperament, maka sebisa mungkin kita hindari hal - hal yang bisa membuat kita naik darah. Contoh kalau kita benci dengan asap rokok maka jangan dekat - dekat dengan orang yang sedang ngerokok.
2. Banyak berdzikir
Ketika marah datang maka perbanyak dzikir, dengan dzikir yang khusu' insya Alloh emosi kita akan terkendali. Atau jika marah itu datang sambil dzikir kita ambil posisi duduk dan ambil nafas panjang kemudian hembuskan pelan - pelan lakukan trus menerus sampai denyut jantung kita normal.
3. Alihkan perhatian
Jika marah itu muncul ketika kita berada di ruangan maka kita keluar, atau kalau kita sedang duduk maka berdiri.
4. Berpikir relistis
Kalau kita sedang marah kita harus berpikir realistis, jangan gegabah dan yang paling penting jangan mengambil keputusan disaat kita marah karena hasilnya pasti tidak maksimal.
5. Wudhu
Kalau marah itu sudah mencapai puncaknya dan nggak tahan untuk mengendalikannya maka ambil air wudhu atau mandi sekalian.

1 comment:

  1. maskus wah marah ada manajemennya.baru tau

    ReplyDelete