08 September 2009

SanLat di SMP N 3 Purworejo Klampok


Pesantren kilat atau SanLat adalah kegiatan yang wajib dilakukan di setiap sekolah pada bulan Romadhon. Masing - masing sekolah berbeda dalam pelaksanaannya, ada yang dilaksanakan tiap hari selama KBM berlangsung dengan alokasi waktu tertentu dan ada yang melaksanakannya pada pekan terakhir KBM di bulan Romadhon. Dan model yang terakhir inilah yang paling banyak dilakukan oleh sekolah - sekolah seperti di SMP N 3 Pwj klp.
Kegiatan SanLat diawali dengan tadarus Al Qur'an pada tiap pagi bersama wali kelas. Pada 3 hari ini (senin - rabu) kegiatannya adalah ceramah dan ceramahnya pun bervariasi ada yang klasikal dan ada yang menggunakan media, sehingga lebih menarik.

Sedangkan kegiatan untuk hari kamis - sabtu adalah perlombaan dan pembagian zakat. Kegiatan perlombaan meliputi lomba adzan dan lomba ceramah. Setiap kelas wajib mengirimkan peserta minimal 1 putra dan 1 putri untuk lomba ceramahnya. Kegiatan lomba yang rencananya besok pagi pelaksanaannya diundur hari jum'at karena tadi ada informasi dari PLN akan ada pemadaman massal.
kegiatan diakhiri dengan pembagian zakat yang telah dikumpulkan oleh panitia dibantu oleh Osis.

Semoga dengan kegiatan SanLat ini siswa - siswi SMP N 3 Purworejo Klampok selain pandai dalam bidang ilmu pengetahuan diharapkan juga mempunyai akhlaq dan kepribadian yang mulia. Amiin..

2 comments:

  1. wah jan god tenan mas ustad Ayib .coba kalu temen bisa niri jejak nya ajari ding bikin blog dr temenmu koes.

    ReplyDelete