22 August 2009

17 August in my village


Bulan Agustus bagi anak - anak merupakan bulan yang identik dengan perlombaan dan hadiah. Mereka sangat senang dengan datangnya bulan Agustus karena di bulan inilah ketrampilan dan keberuntungan mereka diuji. Siapa yang terampil biasanya tidak hanya mendapat 1 hadiah tetapi bisa sampai 3 atau bahkan 4 hadiah sekaligus.
Di tempat tinggal kami ada beberapa perlombaan yang sudah rutin kami adakan untuk memeriahkan kegiatan 17 an dan melatih mental mereka. Diantaranya lomba balap balon, indra penciuman, membawa kelereng, gebuk banyu dan membuat aneka minuman.
Untuk lomba balap balon anak - anak harus berpasangan. Kemudian balon diletakkan dipunggung keduanya dan siapa yang bisa mencapai garis finish lebih dulu dialah pemenangnya ttp balon ndak boleh terlepas dari punggung mereka.
untuk lomba indra penciuman, anak - anak kita uji ketajaman penciuman mereka tentang bumbu - bumbu yang ada di dapur seperti kunyit, jahe, bawang dll. Tentunya dalam menguji indra penciuman dengan mata tertutup donk...
Lomba membawa kelereng termasuk lomba yang cukup digemari anak - anak TK karena barangkali menurut mereka mudah. Tetapi untuk lomba kelereng tahun ini sedikit kami modifikasi dengan menambahkan beberapa halangan sehingga mewajibkan mereka untuk melompati rintangan tersebut.
Lomba gebug banyu adalah lomba yang paling ramai dan paling digemari baik oleh peserta dan juga oleh penontonnya. Lomba ini membutuhkan konsentrasi, ketangkasan dan ketrampilan. Lomba ini memang agak sedikit berbahaya karena bila tidak hati - hati bukan air yang dipukul tetapi bisa malah teman sendiri. Oleh karena itu di lomba ini pengawasan dan pendampingan panitia harus lebih maksimal.
Yang terakhir adalah lomba membuat minuman. Anak - anak dituntut untuk bisa membuat minuman dari bahan - bahan alami yang mudah didapatkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi anak terhadap berbagai minuman yang banyak mengandung zat - zat kimia berbahaya.
Dari pengamatan yang kami lakukan ternyata hadiah tidaklah 100% menjadi motivasi anak untuk ikut perlombaan, tetapi partisipasi merekalah yang juga menjadikan motivasi untuk ikut perlombaan.

1 comment: